Sejarah Radio Komunitas

Ini merupakan catatan saya, lebih tepatnya rangkuman yang saya tulis ketika saya mengikut seminar sekaligus pelatihan untuk seleksi masuk menjadi anggota RDK FM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada hari Sabtu tanggal 22 Januari 2011, ketika itu narasumbernya adalah Bapak Imam (Ketua JLKI), berikut ringkasannya;

” SEJARAH RADIO KOMUNITAS”

Menurut UU nomor 32 Tahun 2002, pasal 21-24 tentang Radio Komunitas, Karakteristik Radio Komunitas adalah sebagai berikut :

  1. Tidak komersil, dimana iklannya hanya mengiklan layanan masyarakat
  2. Jangkauannya terbatas. Biasanya hanya 2,5 KM
  3. Radio ini didirikan untuk melayani komunitasnya

Peran radio dan fungsi radio komunitas salah satunya adalah sebagai agen pemberdayaan. Dimana agen pemberdayaan ini untuk memberikan informasi dan pengetahuan. Karena secara umum, Radio Komunitas sebagai saluran informasi kepada para pendengarnya terutama komunitasnya.

Dua definisi besar Radio Komunitas, yaitu :

  1. Geografikal (seperti kebanyakan radio komunitas yang dipakai di Indonesia)
  2. Interest (Radio ini didirikan karena komunitasnya memiliki Hobby/pekerjaan/hal diminati yang sama, misal: Radio Nelayan di daerah Pantai. Dimana radio ini melayani, memberikan informasi, memberikan Tips dan Saran yang berguna bagi komunitasnya, yaitu para nelayan)

Dan sifat dari radio komunitas itu sendiri, yaitu:

  1. Dari-Oleh-Untuk-Tentang komunitas
  2. Harus Independent atau non partisan
  3. Berorientasi pada kebutuhan komunitas, pencerdasan dan pendidikan.

Berdasarkan pada PP nomor 51, dalam Radio Komunitas harus ada:

  1. DPK (Dewan Penyiaran Komunitas)
  2. BPPK (Badan Pelaksana Penyiaran Komunitas)
  3. Kelompok pendengar

Sementara fungsi dari DPK sendiri adalah mengontrol jalannya komunitas dan terdiri dari orang-orang yang merupakan perwakilan. Sedangkan fungsi BPPK adalah melaksanakan penyiaran komunitas dan bertanggung jawab kepada DPK. Adapun tugas BPPK adalah menjamin berjalannya siaran setiap harinya dan mengadakan laporan secara berkala serta mengevaluasinya.

Berikut syarat untuk mendirikan Radio Komunitas, yaitu:

  1. Jenis komunitas apa yang akan kita dirikan.
  2. Diskusikan tentang penting tidaknya Radio Komunitas yang akan anda buat dengan masyarakat sekitar anda.
  3. Sediakanlah alat-alat seperti Pemancar, Mixer, Mikrofon, Seperangkat alat komputer, dll untuk menunjang penyiaran.
  4. Kita harus dapat mengelola radio dan mengetahui cara memanagemen penyiaran.
  5. Harus ada 50%+1 bahwa radio itu penting di warga. Kurang lebih 250 orang (ini merupakan prasyarat administrasi).

dan syarat terpenting lainnya yaitu radio itu harus diakui oleh komunitasnya.

Demikian artikel yang saya tulis, semoga memberikan manfaat bagi para pembaca. Amin

Sumber : Hasil seminar “Sejarah Radio Komunitas”

Yang diselenggarakan oleh : RDK FM UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

Keefektifan Televisi di lantai dasar Fakultas

Untuk morcam Kamis, 14 Juli 2011

 

Keefektifan Televisi di lantai dasar Fakultas

 

Televisi layar datar itu terpasang kuat di dinding lantai dasar Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi dan Fakultas Ushuluddin di UIN SYAHID JAKARTA. Televisi berwarna hitam ini menayangan berbagai acara yang memberikan informasi dan cukup mendidik bagi para mahasiswa dan karyawan. Dimana televisi ini memang diperuntukkan bagi para warga 2 fakultas ini untuk menambah informasi dan wawasan mereka.

Namun apakah efektif semua ini?

Banyak mahasiswa yang hanya sekedar melirik pada televisi ini, tanpa berniat menonton apalagi menyimak isi dari acara yang sedang tayang. Padahal acara yang sedang tayang pada hari Rabu, 13 Juli 2011 kemarin cukup informative dan mendidik. Sebuah talkshow dengan menghadirkan para narasumber yang kompeten.

Jikalau pun ada yang menonton, ia hanya menatap paling lama sekitar 3 menit lalu ia berlalu meneruskan kembali tujuan semula. Padahal televisi ini sudah bekerja sama dengan sebuah televisi swasta yang cukup ternama di Indonesia.

Mengenai efektif atau tidaknya televisi ini, kembali lagi kepada diri kita masing-masing sebagai sasaran dari kehadiran televisi ini. Dimana ini benda tersebut diperuntukan untuk menambah wawasan kita. Ada baiknya apabila kita meluangkan sedikit waktu untuk sekedar menangkap apa yang acara televisi ini sampaikan walaupun tidak berlama-lama seperti menonton televisi di rumah.

Kegiatan Fotokopi Basement FIDKOM di musim Libur Semester

UNTUK MORCAM KAMIS, 14 JULI 2011

 

Rabu, 13 Juli 2011

Tempat Fotokopi Basement FIDKOM

 

Liburan semester nampaknya sedikit berpengaruh kepada Bapak Agus, seorang operator fotokopi dan 2 orang temannya. Pasalnya, kegiatan perfotokopian disana, cukup menurun drastis. Biasanya (bukan hari libur), mereka dapat menghabiskan sekitar 5 Rim kertas/hari, namun sekarang hanya menghabiskan 1- 1,5 Rim/hari.

Fotokopian yang buka dari pukul 07.00 WIB – 18.00 WIB dan beroperasi dari hari Senin – Sabtu ini, beroperasi menggunakan 4 mesin fotokopi namun hanya 3 yang dapat digunakan. Di tempat fotokopi ini, perlembarnya dihargai Rp 150,00/lembar untuk kalangan mahasiswa dan Rp 100,00/lembar untuk para karyawan. Namun apabila ada mahasiswa yang memfotokopi lebih dari 100 lembar maka mendapat diskon Rp 25,00 sehingga perlembarnya menjadi RP 125,00.

Selain fasilitas fotokopi, disini juga menyediakan fasilitas pengetikan, print, penjilidan dan laminating. Dimana untuk pengetikan, tidak dikenakan tarif.  Dan untuk fasilitas penjilidan, harganya berbeda-beda. Misalnya penjilidan dengan menggunakan lakban, harganya Rp 2500,00. Untuk spiral, tergantung ketebalan. Soft cover Rp 10.000,00 dan untuk Hard cover Rp 15.000,00.

Di tempat inipun, ada wartel. Namun sudah tidak beroperasi sejak tahun 2006 dikarenakan sudah banyaknya mahasiswa yang menggunakan telepon selular.

Parkiran Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN SYAHID JAKARTA

UNTUK MORCAM KAMIS, 14 JULI 2011

 

Rabu, 13 Juli 2011

Parkiran Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN SYAHID JAKARTA

 

Saat ditemui di kantornya, Bapak Rohmat, seorang coordinator parkir menjelaskan perihal jumlah kendaraan motor yang parkir di lahan parkir UIN SYAHID JAKARTA.

Parkir yang dibuka mulai pukul 06.00 WIB – 21.00 WIB ini dari hari Senin – Sabtu ini, tiap harinya, khususnya pada liburan semester seperti sekarang ini, rata-rata diisi oleh sekitar 1500 kendaraan motor/hari. Dengan akumulasi, 1000 kendaraan bermotor milik mahasiswa dan sisanya milik para karyawan. Jumlah ini berbeda sekali dengan jumlah kendaraan pada saat hari biasa (bukan libur semester).

Petugas parkir yang total jumlahnya mencapai 18 orang, terdiri dari 5 orang petugas lapangan ini, bekerja secara shift, dimana satu kali shift, sekitar 8 jam. Tugas mereka adalah memantau kendaraan yang terparkir di wilayah mereka. Dan bagi para pengendara yang menitipkan helm mereka di penitipan helm yang disediakan oleh perparkiran UIN dikenakan biaya sukarela. Mereka biasanya membayar Rp 500,00 untuk satu helm. Alternative ini diambil untuk mengurangi jumlah resiko kehilangan helm.

Petugaspun berkeliling setiap harinya untuk memastikan bahwa tidak adanya kunci motor yang ketinggalan di motor (seperti kebanyakan kasus). Dan apabila itu terjadi, maka petugas mengamankan kendaraan tersebut dan dibawa ke depan kantor perparkiran yang lokasinya disebelah portal keluar lapangan parkir FIDKOM. Dan bagi pengendara yang ingin menebus kendaraannya, harus menggunakan STNK atau BPKB atau KTM atau KTP sebagai jaminannya. Kartu parkir sama sekali tidak dapat digunakan.

Beragam jajanan Anak Kos

Beragam jajanan Anak Kos

Bagi Bala muda yang tinggal mengontrak atau ngekos di sekitar kampus UIN, kalian bisa nih wisata kuliner murah meriah sekaligus mengenyangkan, karena di sekitar kampus UIN terutama di depan kampus, samping kampus (Pesanggrahan) dan di samping Fatulloh (masjid di depan kampus UIN) banyak sekali penjual makanan. Makanan yang ditawarkanpun beragam, dimulai dari yang harga paling murah sampai yang cukup mahal, semuanya lengkap. Tinggal disesuaikan dengan lidah dan saku Bala muda sendiri.

Dimulai dari makanan sejuta umat, Bakso. Waaah, banyak sekali Bala Muda. Lalu kemudian Ketoprak, Somay, Gado-gado, Mie Ayam sampai makanan dessertpun ada. Harga yang ditawarkanpun bervariasi, namun tentunya porsinya sesuai dengan harga. Dan di tempat-tempat makan yang biasa disebut tempat kongkow gahol ini, disediakan fasilitas seperti televisi, music dan Wifi. Namun adapula tempat makan seperti Warteg (Warung Tegal), Warsun (Warung Sunda) dimana peminatnya lumayan banyak walaupun berlokasi cukup jauh dari kampus. Warung-warung seperti ini tidak kekurangan pelanggan walaupun berlokasi cukup jauh dan tidak strategis karena mereka menawarkan makanan murah, mengenyangkan dan makanannya cukup lezat.

Namun tetap Bala muda, sebelum kalian melahap makanan-makanan yang banyak ditawarkan ini, ada baiknya kalau kalian melihat dari segi kebersihan. Jangan sampai karena makanan itu cukup murah, tidak memperdulikan segi kebersihan. Dimulai dari kebersihan tempat, alat-alat makan yang dipergunakan, proses pembuatan makanan itu (apabila dimasak langsung di tempat) sampai ada tidaknya penutup makanan seperti tirai dan kipas yang biasa digantung di langit-langit untuk mengusir lalat dan sebagainya yang bisa mencemari makanan.

Maka dari itu Bala muda, silahkan kalian memilih makanan yang menurut kalian cukup murah dan lezat namun tetaplah memperhatikan segi kebersihan dari makanan tersebut.

sweet bed room (ngimpi)

entah kenapa ya? tiba-tiba mood gue pagi ini adalah ingin merubah tampilan kamar tidur gue. gue ngerasa, kamar gue itu ngga rapi-rapi. padahal sekaang gue udah rajin beresin kamar daripada pas jaman-jaman gue kemaren. nahh.. berangkat dari situ, rasa-rasanya gue pengen ngerombak itu kamar. mulai dari barang-barangnya samapi dengan cat dindingnya. gue udah bosen banget, dari jaman gue kecil, cat tembok kamar gue, warnanya putiiiiiiihhh mulu. ya gue tau warna putih itu natural, masuk kemana aja. tapi kan gue bosen…

gue berpikir, kalo gue udah kerja nanti, gue mau prioritasin rumah gue mungil dan segar.. tapi kalo udah berkeluarga, rumahnya jadi gede dan segar-segar (segarnya double). haha.. ah tapi kjauhan kalo ngomongin kesitu *merah pipi toyor pala orang. oke deh, gue mau memprioritaskan kamar gue dengan warna cat yang soft.. (blue soft or green soft kayanya bagus tuh). secara gue abis liat desain interior kamar-kamar remaja di google tadi. hmm.. kan gue jadi berpikir untuk merombak keadaan kamar gue. tapi entah kenapa, kalo gue udah liat tempat tidur gue yang bersprai gambar sapi dengan ukuran yang aga gede, rasa-rasanya gue pengen tiduuuuur mulu (jadi kapan gue mau ngerombaknya??)

well, kalo gue lagi pulang ke ciamis, gue pengen ngecat kamar gue jadi biru soft. tapi entah kenapa nyokap gue ngomel-ngomel. katanya jangan bikin aneh-aneh kamar. bokap sih oke-oke aja, yaa nyokap gue aga sensi gara2 gue rubah posisi tempat tidur yang alaihim beratnya dan jadilah posisi tidur gue (sesuai dengan arah ranjang) jadi kaya posisi mayat mau di solatin!!!! astagfirullah al-adzim…. *gue shock saat nenek gue tiba-tiba nyeletuk kaya gitu. haha

pas malem pertama gue tidur dengan posisi (sebut saja PMMD, posisi mayat mau disolatin), gue tidur sama nenek gue yang kebetulan nginep di rumah gue, gue dengan suksesnya kena “ereup-ereup”. itu loh, yang badan kita ngga bisa gerak, ngga bisa ngomong dan berasa ditindihin. mitosnya sih, ditindihin jin! hiiiyyy…. amit-amit.

gue mau panggil nenek gue yang ada disebelah gue, tapi rasanya berat banget. akhirnya malem besoknya gue ngajak nyokap gue buat tidur dikamar gue masih dengan posisi PMMD, cuma bedanya, gue tidur di sebelah kanan (tempat kemaren malem nenek gue tidur) dan nyokap disebelah kiri (bekas gue kena ereup-ereup). dan tidurlah kita….

next morning, nyokap gue cerita. semalem dia mimpi, katanya mimpi serem gitu. pas gue tanya, “mimpi apaan mah?” dia bilang, “mimpi dikejar pocong,  pocongnya ngelayang gitu” . gue “hmm… waaaaaaaaaaaa!!”

kalo inget itu, rasanya gue pengen ketawa aja. haha

oke deh, udahan dulu ah curhatnya see you :*

kurang kerjaan :p

lagi pengen ngeblog, cuma lagi ngga ada ide. haha…

enaknya ngapain yaa?

Not With Me – Bondan Prakoso Feat F2B

I swear, i love this song very much… haha

let’s check it out!😀

 

Titz ::

I’m walking up from my summers dreams again
try to thinking if you’re alright
then I’m shattered by the shadows of your eyes
knowing you’re still here by my side
*reff:
I can see you if you’re not with me
I can say to my self if you’re OKAY
I can feel you if you’re not with me
I can reach you my self, yuo show me the way

life was never be so easy as it seems
’till you come and bring your love inside
no matter space and distance make it look so far
still I know you’re still here by my side
back to *reff

Bondan::
yea..you’ve made me so alive ,you give the best for me..love and fantasy
yeah..and i never feel so lonely, coz you’re always here with me..yeah..always here with me
back to *reff
I’m walking up from my summers dreams again
try to thinking if you’re alright
then I’m shattered by the shadows of your eyes
knowing you’re still here by my side

Previous Older Entries

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.